Tugas PTIK Pertemuan Ke-2

Nama : Reza Kurniawan

NIM : 12200012

Kelas : 12.1B.11

Mata Kuliah : Pengantar Teknik Informatika Dan Komunikasi

Nama Dosen : Sepriandi Parningotan S.T.,M.T.


Rangkuman Materi Pertemuan Ke-1

KONSEP DASAR TEKNOLOGI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Pengertian Teknologi :

Teknologi adalah cara dimana kualitas hidup manusia ditingkatkan dengan pengenalan produk baru.

Tenologi adalah cabang pengetahuan yang berhubungan dengan penciptaan dan penggunaan sarana teknis dan yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan, masyarakat, dan lingkungan.

Teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan (kombinasi teknik ilmiah dan material) untuk memenuhi tujuan atau memecahkan suatu masalah.

Pengertian Teknologi Informasi :

Berikut salah satu definisi Information Technology yang di ambil dari “Information Technology Training Package ICA99” bahwa industry Teknologi Informasi didefinisikan sebagai pengembangan teknologi dan aplikasi dari computer dan teknologi berbasis komunikasi untuk memproses, penyajian, mengelola data, dan informasi,termasuk di dalamnya pengembangan hardware dan software yang berhubungan dengan computer.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Akhmad Fauzi :

Teknologi Informasi adalah teknologi yang memanfaatkan computer sebagai perangkat utama untuk mengolah datamenjadi informasi yang bermanfaat

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Haaq dan Keen :

Seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Martin :

Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Williams dan Sawyer:

Teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Beberapa Contoh Penerapan Teknologi Informasi dalam berbagai Bidang untuk Mengoptimalkan Sumber daya yang dimiliki :

• Bidang Pendidikan

Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari, makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet.

• Bidang Kesehatan

Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang kesehatan salah satunya ialah sistem yang berbasis kartu cerdas. Contoh lainnya ialah digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

• Bidang Perbankan

Dalam dunia perbankan, contoh penerapan Teknologi Informasi adalah telah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking.

• Bidang Bisnis

Dalam dunia bisnis yang sangat erat kaitannya dengan transaksi jual-beli, pemanfaatan Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan pula untuk sarana perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

• Bidang Pemerintahan

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut dengan e-goverment membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dirancangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar. E-goverment juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.

• Perusahaan

Penerapan Teknologi Informasi telah banyak digunakan oleh para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan Teknologi Informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

Beberapa Contoh Teknologi Informasi

• Pengiriman SMS (Short Message Service) :

– Alat : handphone

– Media : udara (wireless)

– Data/informasi : text

• Pengiriman MMS (Multi Media Service) :

– Alat : handphone

 – Media : udara (wireless)

 – Data/informasi : text, gambar

• Pengiriman e-mail :

– Alat : komputer, hand phone, PDA (Personal Data Assistant)

 – Media : udara (wireless), kabel

– Data/informasi : text

• Akses Facebook :

– Alat : hand phone, komputer, PDA

– Media : wireless, kabel

 – Data/informasi : text, gambar, video

• Aplikasi SIM Akademik :

– Alat : komputer

– Media : wireless, kabel

– Data/informasi : text

• Saling bertukar file lagu menggunakan handphone melalui Bluetooth.

PENGENALAN KOMPUTER HARDWARE, SOFWARE, DAN BRAINWARE

Definisi Komputer, yaitu peralatan (device) yang bekerja dibawah kontrol program yang tersimpan yang secara otomatis menerima, menyimpan dan memproses data untuk menghasilkan informasi yang merupakan hasil dari pemrosesan tersebut.

ASPEK KOMPUTERISASI

1. Aspek Teknis, yaitu Hardware, Software, Brainware

2. Aspek Non Teknis, yaitu Dukungan Manajemen dan Displin Baru

Definisi Komputer, yaitu peralatan (device) yang bekerja dibawah kontrol program yang tersimpan yang secara otomatis menerima, menyimpan dan memproses data untuk menghasilkan informasi yang merupakan hasil dari pemrosesan tersebut.

ASPEK KOMPUTERISASI

1. Aspek Teknis, yaitu Hardware, Software, Brainware

2. Aspek Non Teknis, yaitu Dukungan Manajemen dan Displin Baru 

KLASIFIKASI KOMPUTER 

1. Berdasarkan Jenis Data Yang Diolah : 

a. Komputer Analog (Analog Computer), Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contohnya besaran arus listrik. Keuntungan dari komputer analog adalah dapat langsung memproses data dalam besaran fisik tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu. Dan kerugiannya adalah komputer jenis ini kecepatannya sangat lambat.

b. Komputer Digital (Digital Computer), Komputer digital digunakan untuk memproses diskrit data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik. Keluaran dari komputer jenis ini bisa dalam bentuk angka,huruf dan grafik atau gambar. Komputer jenis ini sangat cocok untuk aplikasi bisnis. karena dapat menyimpan data, proses data lebih cepat, dan dapat melakukan perhitungan dengan logika.

c. Komputer Hibrid (Hybrid Computer), Komputer hybrid adalah kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, sehingga komputer jenis ini dapat melakukan pengolahan data kualitatif dan kuantitatif. Komputer hybrid lebih cepat lagi di bandingkan komputer jenis digital.

2. Berdasarkan Bidang Masalah (Kegunaan) : 

a. Special Purpose Computer, Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja, sehingga hanya program tertentu saja yang dimasukkan dalam komputer ini, misalnya komputer perbankan dan komputer yang digunakan pada kilang minyak.

b. General Purpose Computer, Komputer jenis ini dapat menyelesaikan bermacammacam masalah. Komputer yang termasuk dalam jenis ini adalah komputer digital dan analog, namun yang umum adalah komputer digital misalnya komputer untuk pendidikan dan komputer untuk bisnis.

3. Berdasarkan Kemampuan Komputer : 

a. Small Scalle Computer 

• Disebut small scale mainframe computer 

• Kapasitas memori antara 64 KB s/d 8 MB 

• Dapat menangani puluhan terminal computer yang terpisah dari pusat computer

b. Medium Scalle Computer 

• Disebut medium scale mainframe computer 

• Kapasitas memori antara 512KB s/d 8 Mb 

• Dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat computer Large Scalle Computer 

• Disebut large scale mainframe computer atau mainframe computer 

• Bentuknya besar 

• Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB 

• Kecepatan tinggi dan dapat menggunakan time sharing, yaitu pengguna komputer dapat menggunakan komputer secara serentak dalam waktu bersamaan. 

4. Berdasarkan Ukuran Fisik Komputer : 

a. Komputer Mini (Mini Computer) 

• Kapasitas memori antara 8 MB s/d 128 MB 

• Menggunakan register 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit 

• Bersifat multi user, yaitu sebuah komputer mini dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai 

b. Komputer Mikro (Micro Computer

• Disebut personal computer (PC) 

• Kapasitas memori 16 KB s/d 1 MB 

• Menggunakan register 8 bit, 16 bit, dan 32 bit 

• Umumnya di gunakan untuk single user 

Generasi Komputer 

Generasi Ke – 1 (1945 – 1959) 

Ciri -cirinya :

• Menggunakan tabung hampa (electronic vacuum tubes) 

• Jumlah tabung hampa yang digunakan lebih kurang 18.000 tabung hampa.

• Berat tabung hampa lebih kurang 30 ton. 

• Banyak mengeluarkan panas. 

• Kecepatan proses masih rendah. 

• Penyimpanan data masih terbatas. 

Contoh Komputer Generasi ke-1 :

• MARK I > komputer pertama

• LEO (Lyon Electronic Office) > komputer komersial pertama yang dibuat di Inggris. 

• UNIVAC I (Universal Automatic Computer) > komputer komersial pertama yang dijual kepada Biro Sensu AS.

• ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) 

• EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) 

• EDSAC (Electronic Delayed Storage Automatic Computer)

Pabrik komputer yang memproduksi Generasi I

Perusahaan komputer yang mengembangkan komputer generasi I adalah : IBM (terkenal dgn MARK Computer Seriesnya), Burroughs (Magnetic Drum Computer tipe E101), RCA (BIZNAC) dan Honeywell (Datamatic). 

Generasi Ke – 2 (1959 – 1965) 

Ciri – cirinya : 

• Menggunakan transistor atau disebut juga solid state devices. 

• Secara fisik, makin ringan dan kecil dibanding generasi I. 

• Penggunaan memori/storage semakin besar. 

• Proses lebih cepat. 

• Mulai digunakannya on-line data processing. 

• Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)

Pabrik komputer yang memproduksi Generasi II

IBM seri 1400, 7070–7090, IBM 1600, NCR (National Cash Register) seri 304, RCA model 501, Univac III, Univac 1107, dll. 

Generasi Ke - 3 (1965 – 1970) 

Ciri – cirinya : 

• Menggunakan IC (Integrated Circuits). IC merupakan kumpulan transistor yang dipadatkan dalam komponen elektronika. 

1. Ada beberapa IC, yaitu: 

a) SSI (Small Scale Integration) > terdiri atas < 100 transistor.

b) MSI (Medium Scale Integration) > 100 – 1000 transistor. 

c) LSI (Large Scale Integration) > 1000 - 5000 transistor. 

d) VLSI (Very Large Scale Integration)  > 50.000 transistor. 

e) SLSI (Super Large Scale Integration)  > 500.000 transistor

• Menggunakan multiprocessing dan multiprogramming. 

• Menggunakan Visual Display terminal, menampilkan grafik, menerima dan menampilkan suara

• Menggunakan MIRC (Magnetic Ink Characters Recognation)

Pabrik komputer yang memproduksi Generasi III

IBM seri 360, ICL 1900, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, dll 

Generasi Ke - 4 (Sejak Tahun 1970) 

Ciri-cirinya: 

• Menggunakan LSI yang dikembangkan menjadi VLSI. 

• Teknologi pembuatan VLSI disebut dengan MOS teknologi merupakan pemadatan ribuan transistor ke dalam suatu chip. 

• Chip ini disebut juga dengan C-MOS (Chip Metal Oxide Semi Conductor) karena terbuat dari metal (logam/aluminium) melalui proses oksidasi dan bersifat semi konduktor.

Contoh Generasi ke-4 

• IBM 370 : komputer generasi IV yang pertama dibuat th. 1970.

• Intel 4004 : chip mikroprosesor I yang dibuat Intel Corp (1971) 

• Altair : komputer mikro I yang dibuat MITS Corp. (1974) 

• Cray-1 : komputer superkomersial I (1975).

• ARCNET : LAN (Local Area Network) pertama yang dibuat Datapoint Coorporation tahun 1977. 

• Apple II : PC pertama dibuat Apple Computer tahun 1977. 

• Xerox Star : desktop komputer I dan menggunakan mouse serta windows. Dibuar Xerox Corp. tahun 1981.

Generasi Ke - 5 (dimulai tahun 1995) 

• Berkembangnya software baru: Ms. Windows, OS/2, Linux, dll. 

• Komputer mempunyai kemampuan dalam berbagai bidang sehingga disebut sebagai Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent/AI) . Dalam AI ini dikembangkan Sistem Pakar (expert System), Robot dan sebagainya. 

• ICOT (Institute for New Computer Technology) di Jepang mengembangkan komputer yang dapat berbicara dengan manusia, mendiagnosa masalah, hemat energi dan sebagainya. 

• Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,menggunakan masukan visual,dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Generasi Ke – 6 

Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan.

Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.

Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.

Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.

Komputer tanpa program ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang. 

Kemungkinan Komputer Masa Depan Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat,mendengar,berbicara,dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.

Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.

Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan. 

Generasi Ke – 7 

Prosesor AMD utama yang sangat menggemparkan Athlon (K7) diperkenalkan pada agustus 1999. Tanggapan Intel (Nama Sandi Foster) tidak dapat diharapkan lagi hingga akhir tahun 2000. Dalam bulan-bulan pertama, pasar menanggapi Athlon sangat positif. dan seperti yang diharapkan untuk mengungguli Pentium III pada frekuensi clock yang sama.

1. Seperti modul pada pentium II, yang rancangan sepenuhnya milik AMD. Socket tersebut disebut Slot A. 

2. Kecepatan clock 600 MHz merupakan versi pertama. 

3. Cache L2 mencapai 8MB. 

4. Cache L1 128 KB. 

5. Berisi 22 Juta transistor (Pentium III hanya 9.3 Juta transistor). 

6. Bus Jenis Baru. 

7. Jenis Bus sistem yang benar-benar baru, yang pada versi pertama akan bekerja pada 200 MHz. Kecepatan RAM 200MHz Merupakan dua kali lebih cepat dari semua CPU Intel yang ada.

HARDWARE,Yaitu mendeskripsikan semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan komputer. Contoh: keyboard, CPU, Harddisk,dll.

SOFTWARE, Yaitu komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Contoh : Ms. Windows, Ms.Excel, dll.

BRAINWARE, Yaitu orang yang bekerja dalam instansi komputer dan beberapa masalah yang berhubungan dengannya. Contoh : Analys System, Programmer, dll 

Rangkuman Materi Pertemuan Ke-2

KONSEP DASAR KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Pengertian Komunikasi

Menurut Cherry dalam buku Prof. Dr. H. Hafied Cangaa,M.Sc. Istilah Komunikasi berpangkal pada perkataan latin Communis yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih.Komukasi juga berasal dari akar kata alam bahas latin Communico yang artinya berbagi.

Pengertian Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.

Penerapan teknologi komunikasi ditentukan oleh sejauhmana teknologi komunikasi mampu membuka akses pada berbagai pelayanan dan jaringan informasi. Telekomunikasi berasal dari kata Tele = jauh dan komunikasi = hubungan. Jadi Telekomunikasi berarti hubungan melalui jarak jauh.

Komunikasi merupakan suatu proses pemindahan dan penerimaan lambing -lambang yang mengandung makna dari komunikator kepada komunikan. Schramm menyampaikan pengertian komunikasi ke dalam tiga hal pokok sebagai berikut. 

a. Penyandi (Encode) yaitu komunikator yang mempunyai informasi atau pesan yang disajikan dalam bentuk code atau sandi, seperti: tulisan, bahasa lisan, verbal simbol dan visual simbol. 

b. Signal (Sign) yaitu berupa pesan, berita atau pernyataan tertentu yang ditujukan dan diterima seseorang. Pesan ini dapat diluiskan dalam bentuk gerak tangan, mimik wajah, kata - kata lisan, tulisan, gambar, foto, diagram, tabel, dan lainnya. 

c. Decoder yaitu komunikan yang menerima pesan atau penerima sandi atau lambang yang harus dipahami dan dimengerti makna dari pesan yang disampaikan.

Komunikasi sebagai suatu proses yang dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu proses primer dan proses sekunder. 

Proses primer adalah 

proses komunikasi langsung tanpa adanya media yang dapat memanipulasi dan melipatgandakan jumlah penerima pesan. Dalam proses komunikasi ini, biasanya berbentuk bahasa, gerakan - gerakan yang memiliki makna khusus, dan aba - aba. 

proses sekunder adalah

proses sekunder berlangsung dengan bantuan mekanisme yang dapat melipatgandakan jumlah penerima pesan atau ditujukan untuk mengatasi berbagai macam hambatan fisik/kebendaan/jasadiah yang akan menghalangi proses komunikasi primer. Seperti mengatasi hambatan geografis proses komunikasi ini dapat melalui telepon, HP, radio, dan satelit.


Penerapan Teknologi Informasi

1. Proses Penerapan teknologi Komunikasi 

Proses implementasi (penerapan) teknologi komunikasi merujuk pada model inovasi dalam buku “communication Tecnology“, The New Media in Society diperkenalkan oleh Everett M. Rogers. 

Terdapat 2 tahapan dalam proses penerapan teknologi komunikasi, yaitu : 

A. Tahapan inisiasi, usaha untuk mengumpulkan informasi tentang teknologi komunikasi, memahami dengan seksama dan merencenakannya untuk mengadopsinya. 


Terdapat dua tingkatan, yaitu : 


1. Tingkatan Agenda-Setting, yaitu munculnya ide untuk mengadopsi teknologi komunikasi demi menyelesaikan permasalahan informasi yang muncul. 


2. Tingkatan Matching, yaitu kecocokan teknologi komunikasi yang diperlukan dan kemampuan untuk mengadopsinya. 


B. Tahapan implementasi, seluruh kegiatan yang dilakukan untuk menggunakan teknologi komunikasi yang di inginkan Terdapat tiga tingkatan, yaitu : 


1. Tingkatan redefining, mengatur, menyusun dan memodifikasi struktur organisasi (bagi sebuah lembaga) atau mental serta kebiasaan (bagi individu) untuk keperluan teknologi komunikasi yang diinginkan 


2. Tingkatan clarifying, meyakinkan pada semua anggota (bagi sebuah lembaga) atau diri sendiri (bagi individu) tentang sejarah teknologi komunikasi, sehingga tidak lagi menjadi sesuatu yang asing.


3. Tingkatan routinizing, teknologi komunikasi sudah dapat diketahui secara jelas dan menjadi bagian dari infrastruktur (pondasi/tata letak) sebuah organisasi (bagi lembaga) atau sebagai pelengkap bagi kehidupan individu 


2. Perspektif tentang Penerapan Teknologi Komunikasi

Suatu organisasi/lembaga pengguna teknologi komunikasi memandang penerapan teknologi komunikasi sebagai : 

1. Manajemen system, merupakan upaya / usaha untuk mengoptimalkan hasil dari suatu system organisasi,perubahan yang dianggap sebagai suatu proses yang turun dari atas ke atas. 

2. Proses birokrasi, merupakan usaha untuk mengubah kebijakan suatu lembaga, berdasarkan persepsi (opini/pendapat) manajemen puncak. Dan perubahan ditentukan pembuat dan pengambil keputusan.

3. Pengembangan organisasi, merupakan usaha untuk memenuhi keinginan/harapan individu dan komunitas yang muncul/timbul akibat adanya dorongan untuk meningkatkan partisipasinya. 

4. Proses tawar menawar, merupakan hasil proses tawar menawar yang pada akhirnya akan menghasilkan jalan keluar yang kompromi.

Perspektif tentang penerapan teknologi komunikasi adalah : 

• Teknosentrik, terciptanya suatu perubahan dan dianggap sebagai faktor yang dominan yang focus terhadap kapasitas dan tersedianya teknologi. 


• Sosiosentrik, focus pada situasi social yang terdapat pada sebuah lemabaga / organisasi . 

contoh : isu isu social dan perubahan social. 


• Konflik, tertuju pada proses pengambilan keputusan. misalnya : untuk menyelesaikan suatu konflik dibutuhkan penyelesaian dengan cara politik.


• Desain system, tertuju mulai dari teknologi, social , budaya dan politik, yang dikenal dengan sebutan “Siklus Kehidupan Sistem”. 


3. Pelaku Teknologi Komunikasi 

Dalam rangkaian sumber, penyampaian dan penerimaan informasi ada beberapa pihak yang tersangkut dan saling tergantung satu dengan yang lainnya, yaitu : 

1. Pemakai 

2. Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi 

3. Produsen peralatan komunikasi 

4. Badan yang mengatur/mengkoordinir seluruh kegiatan komunikasi dari segi ekonomis dan teknis dalam mengadakan peraturan, standar, harga patokan, dan lain-lain. 


Catatan : 

• Pemakai : membutuhkan penyaluran dan penyampaian informasi yang membutuhkannya. Semakin lama semakin meningkat dalam jenis serta volumenya. 

• Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi : pemberi jasa telekomunikasi dengan kualitas dan harga yang pantas dan bertanggung jawab dalam penyampaian yang efisien,cepat dan relatif murah. Contoh : Warung Telekomunikasi (Wartel) 

• Produsen Peralatan komunikasi : perusahaan yang menghasilkan peralatan komunikasi dengan kualitas yang baik serta dapat memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat dan bervariasi.

• Badan yang mengatur : mengeluarkan peraturan dan persyaratan yang standar pelaksanaannya berdasarkan pengalaman, tingkat teknologi yang ada, perkiraan perkembangan teknologi yang dicapai oleh industri, sehingga kebutuhan dapat terpenuhi dengan ongkos yang murah.


Pengertian Komunikasi

Informasi adalah sejumlah data yang telah diolah melalui pengolahan data dalam rangka menguji tingkat kebenarannya dan ketercapaiannya sesuai dengan kebutuhan. 

Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dari informasi yaitu: 

(1) Informasi merupakan hasil pengelolahan data, 

(2) memberikan makna, dan 

(3) berguna atau bermanfaat. Ciri -ciri informasi yang berkualitas menurut Mc. Leod (1997) ada empat, yaitu:

• akurat, artinya nformasi tersebut mencerminkan keadaan yang sebenarnya,

• tepat waktu, artinya informasi harus tersedia atau ada saat diperlukan,

• relevan, artinya informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan, dan

• lengkap, artinya informasi harus diberikan secara utuh tidak setengah - setengah. 


Jenis-jenis informasi, meliputi:

a. absolute Information yaitu jenis informasi yang disajikan dengan suatu jaminan dan tidak membutuhkan penjelasan lebih lanjut. 

b. Substitutional Information, yaitu jenis informasi yang merujuk kepada kasus dimana konsep informasi digunakan untuk sejumlah informasi. 

c. Philosophic Information, yaitu jenis informasi yang berkaitan dengan konsep -konsep yang menghubungkan informasi pada pengetahuan dan kebijakan. 

d. Subjective Information, yaitu jenis informasi yang berkaitan dengan perasaan dan emosi manusia. 

e. Objective Information, yaitu jenis informasi yang merujuk pada karakter logis informasi tersebut. 

f. Cultural Information, yaitu informasi yang memberikan tekanan pada dimensi kultural. 


Komponen- komponen Informasi Berdasarkan analisis pendekatan sistem informasi ada beberapa komponen informasi, yaitu: 


a. Root of Information, yaitu komponen inti dari informasi yang berada pada tahap keluaran pertama sebuah proses pengolahan data yang biasanya disampaikan oleh orang pertama. 

b. Bar of Infotmation, yaitu badan atau batangnya informasi yang disajikan dan memerlukan informasi pendukung, agar informasi pertama atau inti dapat dipahami secara utuh.

c. Branch of Information, yaitu informasi yang dapat dipahami apabila informasi sebelumnya telah dipahami. 

d. Stick of Information, yaitu komponen informasi yang sederhana dari cabang informasi. Bentuk informasi ini biasanya berupa pengayaan pengetahuan (enrichment), kedudukannya hanya sebagai pelengkap, (suplement) terhadap informasi yang ada. 

e. Bud of Information, yaitu komponen informasi yang sifatnya semi mikro, namun keberadaannya sangat dibutuhkan, sehingga di waktu yang akan datang informasi ini akan berkembang dan dicari orang. 

f. Leaf of information, yaitu merupakan informasi pelindung untuk menjelaskan kondisi dan situasi ketika informasi itu muncul ke permukaan, seperti informasi tentang prakiraan cuaca, prakiraan kemarau panjang,dan terjadinya prakiraan terjadinya gempa atau gerhana bulan/matahari. 

Unsur-Unsur teknologi Komunikasi Unsur-unsur teknologi komunikasi adalah : 

• Informasi Dapat berupa tulisan, suara, musik, gambar,dan data yang memiliki spektrum frekuensi dan bentuk-bentuk yang berbeda.

• Alat yang dipergunakan untuk meneruskan informasi.

• Dengan media transmisi dan sistem modulasi. Catatan: Dengan cara telekomunikasi melalui media pembawa (trasmisi).

Contohnya : kabel koaksial. Sejenis kabel utama terbuat dari tembaga yang dikeliingi oleh anyaman halus tembaga lain dan diantara kedua sisinya terdapat isolasi Dengan cara yang sesuai Bentuk akhir (informasi yang diterima) harus seserupa mungkin dengan bentuk awal (informasi yang dikirimkan) dan dalam batas-batas distorsi yang dapat ditolerir.


Dalam jumlah maupun kecepatan yang semakin meningkat Artinya : 

lebar band yang diperlukan semakin besar dengan sistem modulasi yang baik dan berteknologi tinggi Melalui jarak yang semakin jauh 

Lokal = 10 km 

Interlokal = 250 km 

Internasional = 2500 km 

Interkontinental = 25000km 


Dengan biaya yang se-ekonomis mungkin. Persoalan biaya sangat mempengaruhi kegunaan suatu sistem, sehingga harus dicari titik optimal diantara cara maupun peralatan yang paling sederhana dan murah tapi dapat memaksimalkan meneruskan informasi dengan cara yang baik dan dengan cara yang mudah.

Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Komentar

Postingan populer dari blog ini